Di dunia otomotif memang gak bakalan ada habisnya bahkan motor sekalem
den selembut Supra x 100 pun bisa menjadi korban dari modifikasi.
Untuk membuat motor Honda Supra x 100 kencang, kebanyakan mekanik
melakukan beberapa upgrade antara lain menaikkan kompresi, meningkatkan
pengapian, memperbesar efisiensi volumetris lalu diikuti setting suplai
bahan bakar (karburator).Biasanya dengan memodifikasi motor seperti ini sudah terasa beda dari sebelumnya dan cukup untuk harian.
Berikut penjelasan cara mengupgrade/modifikasi motor Supra x100 :
Kompresi
Menaikkan kompresi bisa dilakukan
dengan papas head/blok, ganti piston jenong atau dengan piston yang
berdiameter yang lebih besar seperti Yamaha Jupiter Z 51 mm, Honda
Karisma 52,4 mm, Kawasaki Kaze 53 mm, Kawasaki Blitz Joy 56 mm lalu
ganti paking lebih tipis.. Tapi jangan terlampau tinggi karena masih
dipakai harian.Patokan kompresi jangan lebih dari 11 : 1 Misal Bisa
pangkas blok antara 0,3 sampai 0,5 mm Atau, bisa saja dengan mengurangi
tebal paking blok dan head. Misal dari 0,6 mm diganti 0,3 mm. Lumayan
bisa mendekin 0,3 mm. Baru kekurangannya ditambah lewat pangkasan.
Kalaupun mau pangkas, mending pilih salah satu saja. Mau blok atau
kepala silinder. (data persisnya sebaiknya memperhatikan posisi piston
ketika di TMA).
Pengapian
Pengapian
Upgrade pengapian bisa dilakukan dengan mengganti CDI. Otak pengapian
bawaan Supra x 100 masih dilengkapi limiter. Silahkan ganti produk
aftermarket yang unlimit seperti BRT, XP atau lainnya. Bisa juga dengan
Penggantian busi dan koil,tetapi itu hanya bisa untuk memperbaiki
kualitas percikan api dan tidak menambah limiter pengapian.
Porting polish
porting/polish pada saluran masuk dan buang di kepala silinder.
Intinya bikin aliran gas pembakaran dari venuri karburator menuju ruang
bakar lebih smoot dan tanpa titik mati (atau hambatan).
Settingan Karburator
Disini lebih pada proses jeting atau penggantian spuyer kecil dan
besar (pilot jet dan main jet) sesuai permintaan mesin.Kalau masih
kurang bisa di tambah dengan mengganti gear/suproket yang lebih kecil,
biasanya diganti menggunakan gear punya astrea grand sudah cukup.
Penggunaan ban juga jangan terlalu besar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar